Jalur Udara Banyuwangi – Sumenep Resmi Beroperasi

  • Bagikan

BANYUWANGI. Rute penerbangan Banyuwangi – Sumenep (pp) resmi dibuka dengan ditandai inaugurasi flight maskapai Susi Air, di Bandara Banyuwangi yang disambut langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah, Selasa (11/1/2022).

Turut dalam penerbangan perdana tersebut Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Kepala UPBU Trunojoyo Moh Arqodri Arman, serta jajaran Forkopimda Sumenep.

Penerbangan perdana ini dimulai dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Banyuwangi, menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan.

BACA JUGA :  Kesetrum, Warga Pamekasan Meninggal Dunia saat Perbaiki Rumah

Jadwal penerbangan tersebut beroperasi dua kali dalam sepekan, pada Selasa dan Rabu, dengan waktu tempuh 45 menit.

Untuk hari Selasa, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 12.20 WIB, dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 13.05 WIB. Adapun dari Banyuwangi, pesawat bertolak pukul 13.15 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk hari Rabu, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 10.40 WIB, dan tiba di Banyuwangi pukul 11.25 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi pesawat berangkat pukul 11.35 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 12.20 WIB.

BACA JUGA :  Baliho Elite Partai tak Berizin di Pamekasan Belum Diturunkan

Kepala UPBU Trunojoyo, Moh. Arqodri Arman, mengatakan rute ini dibuka sebagai solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura yang memakan waktu lebih dari sepuluh jam.

“Dengan penerbangan ini, Banyuwangi-Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif,” katanya.

Qodri menambahkan, harga tiket untuk rute ini cukup terjangkau. Untuk rute dari Sumenep ke Banyuwangi, hanya Rp. 245 ribu. Sebaliknya, tarif dari Banyuwangi ke Sumenep hanya Rp. 299 ribu.

BACA JUGA :  Tabrak Truk Tangki, Sepeda Motor Pelajar di Pamekasan Ringsek

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, menyambut baik adanya penerbangan perintis rute Banyuwangi-Sumenep oleh Susi Air tersebut.

Setelah melalui proses panjang, pihaknya bersyukur akhirnya cita-cita Pemkab Banyuwangi untuk memperluas aksesibilitas dengan Pemkab Sumenep bisa terwujud.

“Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis yang lebih luas,” tandasnya.

  • Bagikan