Kenakan Baju Sakera, Wabup Pamekasan Fattah Jasin Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

  • Bagikan
Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin memakai baju adat Madura saat mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Rabu (1/6/2022) pagi.

PAMEKASAN. Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Rabu (1/6/2022).

Pada upacara tersebut, Wakil Bupati didampingi Sekretaris Daerah, Totok Hartono, asisten, staf ahli, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dengan menggunakan pakaian adat Madura.

Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin menyampaikan, pakaian adat yang digunakan dalam upacara hari lahir Pancasila tersebut sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sebagai implementasi dari keberagaman suku dan Bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  Miskalam Bakri Resmi Dilantik Jadi Kepala Desa Tlonto Ares Periode 2022-2028

“Para Gubernur, para Bupati dan kepala daerah yang mengikuti upacara secara virtual diminta untuk menggunakan pakaian adat. Saya kira cocok dengan tema hari kelahiran Pancasila,” kata Fattah Jasin saat diwawancarai usai upacara.

Menurut dia, pemakaian adat dalam setiap kegiatan kenegaraan akan menggugah kembali rasa persatuan dan kesatuan, serta kebhinekaan antar bangsa Indonesia.

Pakaian adat Madura yang dipakai para pejabat adalah pakaian Sakera untuk pria dan pakaian Marlena untuk perempuan.

BACA JUGA :  Dukung Penuh Program Bupati Pamekasan, Disporapar Canangkan Tujuh Program Prioritas untuk Tahun 2022

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pidatonya mengajak semua anak bangsa untuk membumikan Pancasila sebagai dasar negara, serta mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa kita tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan Pancasila,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pelantikan 72 Kades Terpilih Digelar Hari Jum'at di Pendopo Ronggo Sukowati Pamekasan

Presiden juga mengingatkan agar bangsa Indonesia benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya, serta mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan untuk menciptakan negara yang aman damai dan tentram.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadirannya, serta dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” pungkasnya.

  • Bagikan