Bangun Desa Tematik, Desa Samatan Pamekasan Tanam 1000 Pohon Pisang Cavendish

  • Bagikan
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat melakukan penanaman 1000 pohon pisang cavendish di Desa Samatan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Selasa, (11/01/2022). (Foto Humas Pemkab Pamekasan).

PAMEKASAN. Desa tematik di Desa Samatan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dengan melakukan penanaman 1000 pohon pisang cavendish. Selasa, (11/01/2022).

Sesuai dengan tema yang di ambil, Pemdes Samatan megambil ‘Desa Tematik bidang peternakan dan pertanian’ dengan menanam pohon pisang cavendish.

Kegiatan tersebut, merupakan kerjasama antara Poktan Rahayu dan Jaringan Petani Nasional (JPN) sebagai pengelola tanaman pisang cavendish serta Yayasan Roumah Wakaf Hidayatullah Surabaya sebagai penyedia bibit dan sebagai market.

BACA JUGA :  Go Pasar Internasional, Produk UMKM Pamekasan Diekspor ke Turki

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, Kabupaten Pamekasan selalu menggalakkan program Desa Tematik.

Bupati menyampaikan, Pemkab Pamekasan melalui Dinas Pertanian mendukung penuh peningkatan Desa tematik di Desa Samatan dengan ikut andil memberikan edukasi kepada masyarakat, juga memberikan bantuan hand traktor on call, pupuk dan pembibitan.

BACA JUGA :  Liga 1 2022, Madura United Siap Hadapi Arema FC

“Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan pokok petani yang harus di bantu oleh pemerintah sehingga, petani menghasilkan panen yang utuh,” katanya.

Sementara itu, Kepala DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) Ir H Ajib Abdullah menyampaikan terima kasih kepada Rumah Wakaf Hidayatullah yang telah berperan aktif mendukung terlaksananya penanaman pohon pisang cavendish di Desa Samatan.

BACA JUGA :  Kabareskrim Polri Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Pamekasan

Dikatannya, Pisang cavendish merupakan tanaman pisang yang relatif baru dan sangat menjanjikan.

“Dengan bibit yang bagus, budidaya yang bagus, dan perawatan yang bagus pula akan memberikan dampak baik terhadap hasil yang akan di Panin,” pungkasnya.

  • Bagikan