TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gantikan Almarhum Raja’e, Fattah Jasin Siap Jadi Wabup Pamekasan

  • Bagikan
Fattah Yasin (tengah) saat jadi PJ Bupati Pamekasan. (Foto. dokumentasi Pamekasan Channel).

PAMEKASAN. Pendaftaran calon wakil bupati (cawabup) Pamekasan akan berakhir pada hari ini tanggal 25 Januari 2022.

Nama Fattah Jasin senter dikabarkan akan menggantikan posisi wakil Bupati (Wabup) Pamekasan yang sebelumnya diisi oleh almarhum Raja’e.

Pria yang akrab disapa Gus Acing adalah Putra Sumenep yang memiliki pengalaman panjang dalam tata kelola Pemerintahan Daerah karena berlatar birokrat.

Ketua Koalisi Partai Pengusung Ali Wafa Subki mengatakan, hasil rapat internal partai telah menyepakati dua nama.

Dua nama tersebut yakni politisi partai PAN asal kabupaten Sampang dan Fatah Jasin asal kabupaten Sumenep. Hanya saja H Fandi sudah memundurkan diri dengan alasan akan fokus ke bisnis yang ia tekuni.

“ada dua nama yang sudah disepakati, hanya saja H. Fandi Ahmad ingin fokus ke bisnis dan mengembangkan usahanya,” katanya.

BACA JUGA :  Kader Muda PKB dan Gerindra Pamekasan Sambut Baik Koalisi PKB-Gerindra

Sementara itu, sosok Fattah Jasin merupakan pemimpin yang terlahir dari lingkungan keluarga besar Keraton Sumenep dari pasangan Drs. H.R. P. Moh. Taha dan RA Kunti Imaniah.

Gus Acing sapaannya dididik dan dibesarkan dalam kultur Madura-Nahdliyin yang kuat.

Pengalamannya hidup di berbagai kota besar seperti Malang, Jember, Surabaya, Kuala Lumpur dan Brisbane (Australia) membentuk Gus Acing sebagai sosok yang terbuka menyikapi berbagai perbedaan, memegang teguh nilai budaya dan agama, tawadu’ terhadap ulama dan terbiasa berdiri di atas semua golongan.

Sejak tajun 1987 Ia sudah memulai karir ditatanan pemerintahan. Dimulai sejak dirinya sebagai staff Badan Perencanaan Daerah (Bapedda) Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2014, ia mengemban amanah sebagai Kepala Bapedda Provinsi Jawa Timur.

Selama di Bapedda itu, Gus Acing membantu Gubernur Jawa Timur dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai Program Pembangunan di Jawa Timur, mulai dari Jembatan Suramadu, Jalur Lintas Selatan Jawa Timur, hingga pasar Agrobisnis Jawa Timur Jemundo Sidoarjo.

BACA JUGA :  Miskalam Bakri Resmi Dilantik Jadi Kepala Desa Tlonto Ares Periode 2022-2028

Di bawah kepemimpinannya di Bapedda, Provinsi Jawa Timur memperoleh Penghargaan Pangripta Nusantara sebagai salah satu Provinsi dengan dokumen perencanaan terbaik tingkat nasional.

Dedikasinya yang luar biasa, membuat Gus Acing dipercaya oleh tiga Gubernur Jawa Timur (Gubernur Imam Utomo, Gubenur Soekarwo dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa) untuk menduduki berbagai posisi penting pemerintahan.

Mulai dari Kepala Biro Administrasi dan Perekonomian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Bappeda, Pj. Bupati Pamekasan, Kepala Dinas Pehubungan Provinsi Jawa Timur dan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Khusus Madura Provinsi Jawa Timur.

Berbagai prestasi yang diraih Provinsi Jawa Timur tidak lepas dari tangan dinginnya. Saat memimpin Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia berhasil membawa Koperasi PT. Semen Gresik sebagai 200 Koperasi Terbaik Dunia.

BACA JUGA :  5 Ketua Parpol Mulai Jajaki Koalisi untuk Pilkada Pamekasan

Dilanjutkan, ketika menjabat Kepala Dinas Pehubungan, Provinsi Jawa Timur memperoleh Anugerah Wahana Tata Nugraha dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, sebagai Provinsi dengan penataan lalu lintas terbaik tingkat Nasional.

Secara pribadi, Gus Acing juga dinobatkan sebagai Pembina terbaik tingkat Nasional dalam pembinaan Pelajar Pelopor tertib Lalu Lintas.

Selain itu, saat memimpin Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, ia menjalin kerjasama dengan berbagai Pondok Pesantren untuk Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks
  • Bagikan