Soal Penundaan Pilkades, Desakan Politisi PDI-P Pamekasan Tak Digubris Bupati

  • Bagikan
Sekda Pamekasan, Totok Hartono saat bersalaman dengan Korlap Aksi Komad, Zaini Wer-Wer di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati usai audiensi dengan MUI, dan sejumlah massa aksi, Jumat (21/1/2022). (Foto. Dokumentasi Pamekasan Channel).

PAMEKASAN. Tuntunan penundaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades Serentak) kabupaten Pamekasan yang di suarakan oleh ketua PAC PDI-P kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Zaini Wer-wer diabaikan oleh bupati Pamekasan.

Zaini Wer-wer lewat benderanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komunitas Monitoring dan Advokasi (KOMAD) melakukan aksi demontrasi penolakan terhadap Pilkades yang akan digelar pada tanggal 23 April 2022.

Penolakan tersebut berdasarkan dua alasan. yakni pelaksanaan pada tanggal 23 April 2022 bertepatan dengan bulan ramadhan dan pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Tim Penjaringan Calon Ketua KONI Pamekasan Diduga Langgar AD/ART

Sony Lanyala Mantan Tokoh GMNI Pamekasan mengapresiasi sigap tegas yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan atas komitmen untuk menjalankan Pilkades serentak.

Sigap tegas itu menjadi bukti bahwa bupati Pamekasan Baddrut Tamam tidak pernah goyah dalam mengambil kebijakan meski mendapatkan sorotan dari LSM.

“Terimakasih Bupati dan sekdakab Pamekasan. Kebijakan ini menjadi kado untuk seluruh masyarakat Pamekasan yang sudah menunggu Pilkades,” katanya.

Dikatakannya, gerakan Zaini Wer Wer bagian dari strategi untuk menggoyang kabupaten Pamekasan dengan dalih surat MUI kabupaten Pamekasan agar Pilkades ditunda.

BACA JUGA :  Innalilahi, Misnadin Kades Teja Barat Pamekasan Meninggal Dunia

“Bupati Baddrut Tamam melalui sekda Pamekasan tetap kukuh akan melaksanakan Pilkades serentak di seluruh kabupaten Pamekasan,” tambahnya.

Sementara itu, Totok Hartono selaku Ketua Panitia Pilkades kabupaten Pamekasan menyatakan, bahwa Pilkades di kabupaten Pamekasan tidak ada perubahan. Yakni tetap dilaksanakan pada bulan April.

Dikatakannya, tahapan Pilkades untuk 74 desa di kabupaten Pamekasan akan dimulai dari hari tanggal 29 Januari 2022.

BACA JUGA :  Hari ini, Gubernur Khofifah Launching MTQ ke-29 Tingkat Jatim di Pamekasan

“Berdasarkan hasil rapat panitia kabur Pamekasan dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai lapisan pihak dilaksanakan pada tanggal 23 April 2022,” kata Totok Hartono.

Kepastian tersebut berdasar hasil musyawarah antara pihak pemerintah kabupaten dengan berbagai perwakilan elemen masyarakat usai demontrasi penolakan Pilkades. Jum’at (21/01/2022).

Selanjutnya, keputusan tersebut akan dituangkan dalam keputusan bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang akan dikirim ke semua desa yang akan melaksanakan Pilkades.

  • Bagikan