TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mahasiswa IAIN Madura dapat Materi Penanggulangan Bencana

  • Bagikan
Budi Cahyono Supervisor BPBD Pamekasan saat mengisi materi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat untuk Mahasiswa IAIN Madura. Sabtu, (24/04/2021).

PAMEKASAN. Mahasiswa IAIN Madura mendapat materi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Yayasan Darul Ulum, Desa Polagan, Kecamatan Galis Pamekasan yang diikuti Lapinka Pramuka IAIN Madura. Sabtu, (24/04/2021).

Budi Cahyono sebagai Supervisor BPBD Pamekasan bertindak sebagai pemateri Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat yang diikuti oleh sebayak 30 mahasiswa.

BACA JUGA :  Pupuk Indonesia Siap Tindak Tegas Distributor dan Kios Nakal Pupuk Subsidi di Pamekasan

Budi Cahyono mengatakan, Sesuai UU No 24 tahun 2007 bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama dan menjadi tanggung jawab semua warga negara.

Dikatakannya, Penanggulangan bencana berbasis masyarakat ini agar masyarakat dan mahasiswa bisa paham dan juga mengambil peran dalam kesiap-siagaan diri dan keluarga.

BACA JUGA :  Harlah ke-28, GMPI Pamekasan Gelar Khitan Massal Gratis di Proppo

“Para komunitas dan lainnya diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya,” kata Budi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan bahwa masyarakat bisa di katakan tangguh jika masyarakat paham akan karateristik bencana, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat tahu harus berbuat apa.

BACA JUGA :  Pengurus Fatayat NU Waru Pamekasan Resmi Dilantik

“Keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, maka dari itu sudah waktunya merubah paradigma Penanggulangan Bencana dari Tanggap darurat pada Kesiap-siagaan,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks
  • Bagikan