Mahasiswa IAIN Madura dapat Materi Penanggulangan Bencana

  • Bagikan
Budi Cahyono Supervisor BPBD Pamekasan saat mengisi materi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat untuk Mahasiswa IAIN Madura. Sabtu, (24/04/2021).

PAMEKASAN. Mahasiswa IAIN Madura mendapat materi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Yayasan Darul Ulum, Desa Polagan, Kecamatan Galis Pamekasan yang diikuti Lapinka Pramuka IAIN Madura. Sabtu, (24/04/2021).

Budi Cahyono sebagai Supervisor BPBD Pamekasan bertindak sebagai pemateri Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat yang diikuti oleh sebayak 30 mahasiswa.

BACA JUGA :  Pengurus UPZ IAIN Madura Periode 2021-2022 Resmi Dikukuhkan

Budi Cahyono mengatakan, Sesuai UU No 24 tahun 2007 bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama dan menjadi tanggung jawab semua warga negara.

Dikatakannya, Penanggulangan bencana berbasis masyarakat ini agar masyarakat dan mahasiswa bisa paham dan juga mengambil peran dalam kesiap-siagaan diri dan keluarga.

BACA JUGA :  Stop penyebaran Covid-19, Polres Pamekasan Lakukan Penyekatan Hingga Akhir Bulan

“Para komunitas dan lainnya diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya,” kata Budi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan bahwa masyarakat bisa di katakan tangguh jika masyarakat paham akan karateristik bencana, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat tahu harus berbuat apa.

BACA JUGA :  3 Wartawan Anggota PWI Pamekasan dinyatakan kompeten dan lulus dalam pelaksanaan UKW ke 44 PWI Jatim

“Keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, maka dari itu sudah waktunya merubah paradigma Penanggulangan Bencana dari Tanggap darurat pada Kesiap-siagaan,” pungkasnya.

  • Bagikan