TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Masyarakat Bujur Timur Pamekasan Keluhkan Harga Pupuk Subsidi Melambung Tinggi

  • Bagikan
Salah satu petani saat ditolak sama pemilik kios saat hendak membeli pupuk di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Senin (09/01/2023).

PAMEKASAN CHANNEL. Sebuah kios pupuk di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan, menjual pupuk urea bersubsidi diatas harga eceran tertinggi. Senin (09/01/2023).

Pemilik kios tersebut menjual Per sak, pupuk urea ukuran 50 kg dijual Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu.

Padahal Harga ini dikeluhkan petani setempat. Pasalnya, Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk Urea subsidi Rp 112.000 per 50 kg.

Salah satu warga inisial HS, asal Desa Bujur Timur mengeluhkan adanya harga pupuk yang kerap di atas harga eceran tertinggi (HET) di salah satu desa Bujur Timur Kabupaten Pamekasan.

“Beberapa waktu lalu ia membeli pupuk dengan harga yang hampir dua lipat dua dari HET di salah satu kios di Desa Bujur timur. Kadang di jual Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu,”tandasnya.

BACA JUGA :  Nathan Dipastikan Perkuat Indonesia di Piala Asia

Selain menjual diatas HET, pemilik kios juga kerap kali menolak masyarakat mau membeli pupuk Urea bersubsidi.

“Kalau sekarang saya dan teman petani juga tidak dikasih Meu membeli pupuk sama pemilik kios, padahal saya mau membeli bukan mau minta. Jadi saya kecewa sama pemilik kios yang tidak peduli sama petani,”urainya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sekarang lagi musim tanam padi, yang seharusnya di permudah dalam pembelian pupuk malah sekarang tidak dikasih ma membeli pupuk.

“Petani sekarang semuanya butuh pupuk. Jadi kalau tidak cepat diatasi sama pemerintah maka tanaman seperti padi terancam gagal panen,”tegasnya.

BACA JUGA :  Gam Jatim Demo Kantor PU Bina Marga Soal Miliaran Paket Proyek Tumpang Tindih

HS meminta kepada pemerintah dan pihak polisi karena kios tersebut dapat merugikan petani. Serta kios tersebut memanfaatkan barang subsidi yang dari pemerintah.

“Jadi saya minta kepada pemerintah dan polisi untuk memantau dan menindak tegas pemilik kios pupuk bersubsidi yang ada di Daerah Kecamatan Batumarmar, Waru dan Pasen terutama di desa Bujur timur,”harapnya.

Sementara itu, Sidar Sono koordinator Kecamatan Batumarmar menyebutkan bahwa penyaluran dan pendistribusian pupuk subsidi yang datang langsung dikirim ke kelompok tani (Poktan) dan petani langsung dari distributor. Tujuannya, aga cepat sampai ke masyarakat ke petani.

“Pupuk yang masuk langsung dikirim ke poktan. Bahkan saat telat pengiriman, saat telpon langsung untuk dipercepat,” katanya.

BACA JUGA :  Polres Pamekasan Kirim Personil untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Bangkalan

Dikatakannya, terbaru ada pengiriman pupuk subsidi sebanyak 8 ton. Jumlah tersebut langsung masuk ke kelompok dan petani.

Selain memastikan pengiriman dan pendistribusian tepat sasaran, ia juga memastikan penjualan pupuk subsidi sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditentukan.

“Ketika saya cek dibawah, tidak pernah ada kios yang menjual harga Tinggi melebih HET tadi,” ujarnya.

Terpisah Siswanto pemilik Kios Al Barokah di Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan menegaskan bahwa penjualan pupuk subsidi sudah sesuai dengan harga yang ditentukan oleh pemerintah.

“Kita tetap mengutamakan kepentingan petani, setiap orang yang datang tetap dilayani,” tegasnya.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks
  • Bagikan