Partai Demokrat Dorong Pemkab Pamekasan Segera Terapkan UHC

  • Bagikan
Ismail ketua Partai Demokrat kabupaten Pamekasan didampingi Siran Wahyudi selaku Sekretaris (kiri) dan Heriyanto bendahara (kanan) saat diwawancarai di kantor Demokrat kabupaten Pamekasan. Jum'at, (25/11/2022). (Foto. Mulyadi/Pamekasan Channel).

PAMEKASAN. Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan agar segera menerapkan program Universal Health Coverage (UHC).

Ismail Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pamekasan mengatakan, bahwa penerapan program UHC sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang gratis dan maskimal terhadap seluruh masyarakat Pamekasan. Terutama masyarakat yang kurang mampu.

BACA JUGA :  Bupati Baddrut Tamam Dampingi Kabareskrim Polri Pantau Vaksinasi Covid-19 di Pamekasan 

Ia menyebutkan, empat kabupaten yang ada di pulau Madura tiga diantaranya sudah menerapkan. Yakni kabupaten Sampang, Bangkalan dan Sumenep.

“Empat kabupaten di Madura hanya kabupaten Pamekasan yang belum menerapkan UHC ini,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua Partai Demokrat kabupaten Pamekasan itu.

Mantan aktivis PMII itu menyebutkan, manfaat Universal Health Coverage (UHC) bahwa masyarakat sudah bisa menikmat fasilitas BPJS pada hari pertama terdaftar sebagai peserta, tanpa harus menunggu. misalnya daftar hari ini, saat ini itu juga ia bisa mendapatkan pelayanan.

BACA JUGA :  270 Warga Binaan Lapas Pamekasan Ikuti Vaksinasi

“Masyarakat yang melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS, maka sudah bisa langsung menikmati fasilitas BPJS pada dirinya sudah terdaftar,” lanjutnya.

Selain itu, dengan penerapan UHC, Warga kabupaten Pamekasan yang sakit cukup menunjukkan KTP elektronik kepada petugas, baik di puskesmas, klinik, maupun di rumah sakit saat membutuhkan pelayanan.

BACA JUGA :  Gerak Cepat Cegah Penyebaran Covid-19, Forkopimda Pamekasan Lakukan Penyekatan dan Rapid Antigen

“Melalui program UHC, maka tidak ada lagi warga yang tertolak di puskesmas atau di rumah sakit di kabupaten Pamekasan karena tidak punya biaya, karena semuanya sudah gratis,” tandasnya.

  • Bagikan