Desa Tematik, Pemkab Pamekasan Gelontorkan 1 Miliar untuk 5 Desa

  • Bagikan
wisata Bukit Kehi milik Pemdes Kertagena Daya, Kecamatan Kadur.

PAMEKASAN. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mengelontorkan 1 miliar untuk lima desa yang menjadi juara desa tematik. Selasa (9/11/2021).

Lima desa tersebut masing-masing mendapatkan Rp 200 juta untuk tahun anggaran 2021.

Bantuan tersebut diberikan sebagai stimulus kepada kepala desa dengan cara kompetisi desa tematik yang digelar tahun 2021.

Diantara desa yang tahun ini mendapat reward dari pemerintah kabupaten adalah Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan, Desa Gagah Kecamatan Kadur, Desa Samatan Kecamatan Proppo, dan Desa Bunder Kecamatan Pademawu.

BACA JUGA :  Selama Bulan Maret, Demontrasi di Pamekasan Tembus 12 Kali

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Achmad Faisol mengatakan pembentukan desa tematik dilakukan sejak kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam dengan beberapa langkah strategis agar desa bisa menggali potensinya.

BACA JUGA :  Kyai Sepuh Sumenep Doakan Bupati Baddrut Tamam Jadi Gubernur Pertama Madura

Langkah itu diawali dengan sosialisasi masif kepada pemerintah desa hingga akhirnya terdapat beberapa desa binaan menjadi desa tematik. Diantaranya adalah desa di Kecamatan Pademawu, dan Kecamatan Kadur.

Dia menambahkan, desa tematik itu bisa disupport oleh semua leading sektor yang mendukung pengembangan desa tematik dimaksud.

“Banyak desa yang mulai menggali potensinya. Misalnya Desa Murtajih dengan agro wisatanya,” terang dia.

BACA JUGA :  Dukung Penuh Program Bupati Pamekasan, Disporapar Canangkan Tujuh Program Prioritas untuk Tahun 2022

Pihaknya menginginkan setiap desa mampu memunculkan tematik sesuai potensi desanya. Reward Rp 200 juta tersebut diharapkan bisa menjadi stimulus bagi desa lain di Pamekasan yang belum bisa mendeklarasikan sebagai desa tematik.

“Tahun 2021 yang daftar lomba desa ada 30 desa, cuman yang layak ada 5 desa,” tandasnya.

  • Bagikan