Samhari Beri Materi Kebangsaan bagi Anggota Baru Imaba Pamekasan

  • Bagikan
Samhari menerima piagam usai memberi materi kebangsaan di acara Kaderisasi Mahasiswa Bata-Bata (KMB) yang bertempat di Pademawu Pamekasan. Minggu (27/02/2022) (Foto. Dokumentasi Pamekasan Channel).

PAMEKASAN. Samhari memberikan materi kebangsaan untuk para anggota baru Ikatan Mahasiswa Bata-bata (Imaba) kabupaten Pamekasan.

Materi itu diberikan terhadap puluhan anggota dalam kegiatan Kaderisasi Mahasiswa Bata-Bata (KMB) yang bertempat di Pademawu Pamekasan. Minggu (27/02/2022).

Alumni ponpes Bata-Bata itu menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah air.

BACA JUGA :  Bersama Kemenag Jatim, IAIN Madura Gelar Workshop Moderasi Beragama Selama Tiga Hari

Selain itu, wawasan kebangsaan merupakan cara bersikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dikatakan alumni universitas malang ini, Wawasan kebangsaan merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofis normatif. Maka itu, wawasan kebangsaan harus senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan berbagai bentuk implementasi.

BACA JUGA :  Disdikbud Pamekasan Gelar Workshop Pelestarian Budaya Tradisional Tingkat Sekolah Dasar

Diakunya, Memahami dan mempedomani ajaran wawasan kebangsaan, akan menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan masing-masing individu di tengah masyarakat yang majemuk. Sehingga terwujud ketahanan pribadi dan dapat menciptakan suatu ketahanan nasional Indonesia.

“Wawasan kebangsaan merupakan salah satu kunci terwujudnya toleransi dan nasionalisme. Wawasan kebangsaan juga menjadi kunci penguatan kebhinekaan, toleransi dan gotong royong di tengah tantangan disrupsi dan globalisasi peradaban,” kata mantan aktivis GMNI ini.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Muslimat NU Pamekasan Gelar Doa Akhir Tahun dan Haul Gus Dur ke-12

Saat ini, wawasan kebangsaan yang perlu diterapkan tentang kepedulian dalam menghadapi Pandemi dengan memperkuat budaya gotong royong terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini..

  • Bagikan