Tingkatkan Kualitas Madrasah, MTs Ummul Quro Studi Banding ke Dua sekolah di Pamekasan dan Sumenep

  • Bagikan

PAMEKASAN. MTs. Ummul Quro Putri Pamekasan mengadakan studi banding ke MTSN 3 Sumber Bungur Pamekasan dan MTs. Sumber Payung Ganding Sumenep. Kamis (03/02/2021).

Studi banding yang diikuti oleh 15 orang guru Madrasah dan 10 orang anggota OSIS tersebut bertujuan untuk silaturrahim dan menambah wawasan tentang pengelolaan manajemen Madrasah, branding Madrasah untuk mewujudkan Madrasah yang maju, hebat dan bermartabat.

Pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, hand sanitizer dan jaga jarak sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kepala Madrasah, Bapak Akhmad Sayyadi menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi tentang kurikulum, kegiatan kesiswaan, sistem administrasi Madrasah, dan Kinerja OSIS. Namun pada kegiatan ini, guru dibagi menjadi tiga tim, yaitu tim kurikulum, literasi dan perpustakaan, serta ke-OSISan dan Adiwiyata.

BACA JUGA :  Hipmi Pamekasan Gelar Seminar dan Lomba Social Entreprenuership untuk Pelajar dan Mahasiswa

“Ini merupakan kegiatan studi banding yang ke sekian kalinya diadakan oleh MTs. Ummul Quro Putri karena Madrasah sedang berusaha untuk mengalami perubahan ke arah yang lebih baik melalui peningkatan kualitas guru dan siswa Madrasah,” jelasnya.

Kehadiran guru dan Osis MTs. Ummul Quro Putri disambut baik dan antusias oleh Kepala Madrasah MTSN 3 Sumber Bungur Pamekasan dan MTS Sumber Payung Sumenep.

Kegiatan bertukar informasi antar guru dan OSIS dilakukan di Aula Madrasah saat penyambutan dan juga secara terbuka melalui studi lapangan secara langsung sembari mengamati lingkungan Madrasah.

BACA JUGA :  Sambut Tahun Baru Hijriyah, GP Ansor Pamekasan Gelar Tahlil dan Doa bersama Virtual

Moh. Kholis selaku Kepala Madrasah MTSN 3 Sumber Bungur Pamekasan menjelaskan bahwa pendidik atau guru berperan penting dalam mengasah kemampuan siswa, maka dari itu metode pembelajaran seorang guru harus selalu melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik.

“Saya sangat bersyukur dengan kedatangan MTs. Ummul Quro Putri ke Madrasah ini untuk bersilaturrahim dan bertukar wawasan kemadrasahan, karena saya memahami bahwa guru sangat berperan penting dalam peningkatkan kualitas madrasah, sehingga madrasah perlu mengadakan perbaikan, baik dari metode pembelajaran ataupun sistem pendidikan di dalamnya,” katanya.

Sementara itu Akhmad Sayyadi, Kepala MTs. Ummul Quro Putri Pamekasan berharap akan ada perubahan yang signifikan terhadap pengelolaan pendidikan di madrasahnya.

BACA JUGA :  Tanpa Seorang Ayah, Linda Wati Anak TKI Jadi Lulusan Terbaik Kampus UIM Pamekasan

Menurutnya, pengelolaan madrasah yang baik harus melibatkan berbagai komponen baik Kepala Madrasah sebagai pimpinan, guru sebagai pelaksana kebijakan, dan OSIS.

Dengan semakin tingginya kompetensi para pengelola madrasah, serta kekompakan bersama untuk membawa madrasah ke arah yang lebih baik selalu ia usahakan.

“Kepala Madrasah secara personal akan sulit membawa gerbong pendidikan yang dipimpinnya menuju kesuksesan Madrasah tanpa dukungan dari para guru atau tenaga kependidikan yang berkualitas, maka saya akan selalu mengadakan beberapa pelatihan dan kegiatan studi banding sebagai penunjangnya,” pungkasnya.

  • Bagikan