Jelang Bulan Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak 

  • Bagikan
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kabupaten Pamekasan menggelar Pasar Tani Galak berpusat di BPP Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Kamis (31/3/2022) (Foto.. dokumentasi Pamekasan Channel).

PAMEKASAN. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kabupaten Pamekasan menggelar Pasar Tani Galak berpusat di BPP Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Kamis (31/3/2022).

Kegiatan itu digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 dengan dimeriahkan 60 stand jualan.

Kepala DKPP Pamekasan melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Frida Eka Diana menyampaikan, bahwa kegiatan itu sudah berlangsung selama 6 kali.

BACA JUGA :  Berkah Ramadhan, Duta Kampus IAIN Madura Santuni Puluhan Anak Yatim

Dikatakannya, pasar tani galak itu bermaksud untuk mempermudah para petani menjajakan hasil taninya secara langsung kepada pembeli atau konsumen. Sebaliknya, Konsumen juga lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasar.

“Di gelar saat ini karena menjelang bulan suci Ramadhan 1443 H. Ini untuk memutuskan mata rantai tengkulak. Karena di sini bertemu langsung antara petani dan konsumen sehingga petani bisa menjual harganya agak lebih tinggi daripada dijual ke tengkulak dan konsumen bisa menerima harga yang lebih murah,” katanya.

BACA JUGA :  Warga Pamekasan Salurkan Beras dan Mie untuk Korban Gempa Sulawesi

Menurut Bu Ana, bahan pangan atau sembako saat ini mengalami kenaikan harga. Sehingga, masyarakat diharapkan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan kualitas lebih bagus.

“Demikian juga para petani bisa menjual dengan harga lebih tinggi daripada harga yang biasa mereka jual di tengkulak,” paparnya.

BACA JUGA :  Berbagi Berkah Ramadan, Jaka Jatim Pamekasan Santuni dan Buka Bersama Anak Yatim Piatu

Dia juga menuturkan, selepas dari gelaran kali ini, pihaknya berencana akan menggelar pasar galak dibeberapa lokasi yang berbeda yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Supaya masyarakat yang lain bisa merasakan Kesejahteraan yang sama,” pungkasnya.

  • Bagikan