Inovasi Desa, UNIBA Madura Bersama Desa Bunder Pamekasan Kolaborasi Kembangkan Bumdes Mutiara

  • Bagikan
UNIBA MADURA saat menggelar progam inovasi desa pengembangan BUMDES Mutiara di desa Bunder Kecamatan Pademawu Pamekasan. Senin, (23/08/2021).

PAMEKASAN. Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba MADURA) melakukan kerjasama dengan pemerintah desa Bunder Kecamatan Pademawu Pamekasan untuk pengembangan badan usaha milik desa (BUMDES) setempat. Senin, (23/08/2021).

Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIBA Madura Ach. Zuhri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program desa berinovasi yang di keluarkan oleh badan riset dan inovasi nasional (BRIN).

Dikatakannya, program tersebut merupakan program untuk desa (dalam hal ini pengajuannya harus melalui bumdes atau lembagai organisasi desa lainnya).

BACA JUGA :  Disperindag Pamekasan Anggarkan Rp 6 Miliar untuk Relokasi Pedagang Pasar Kolpajung

konsepnya, mengunakan triple helix yang menjadi poin utama dalam program ini pengembangan bumdes Mutiara.

Disebutkannya, dalam program tersebut, UNIBA Madura bertanggung jawab untuk mendampingi, membimbing, dan melatih pengelola bumdes Mutiara Saghara mulai dari proses penyusunan proposal, pengajuan, pelaksanaan, hingga pelaporan kegiatan.

“Kami juga membantu mengembangkan eduwisata garam dengan produknya yakni garam layak konsumsi agar lebih menarik dan tentunya menjadi tambahan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa bunder nantinya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Program desa berinovasi ini dilaksanakan mulai akhir Juli sampai akhir November 2021. program desa berinovasi ini dikemas dalam bentuk pelatihan-pelatihan, dan pembelian alat penunjang eduwisata garam dan pengolahan garam layak konsumsi.

BACA JUGA :  Nayla Badrut Tamam Dilantik Jadi Ketua Dekranasda Pamekasan

Sementara itu, ketua Bumdes Mutiara Saghara Taufik mengucapkan banyak terima kasih kepada UNIBA Madura. Sebab, pihaknya merasa sangat terbantu atas kerjasamanya dan pendampingannya. Mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan program, sampai pelaporan.

“Terima kasih juga kepada pemerintah desa Bunder utamanya kepala desa, yang telah mensuport program-program kami, terima kasih pula kepada DPMD yang telah ikut serta mendukung program desa berinovasi badan riset dan inovasi nasional,” katanya.

BACA JUGA :  Pamekasan Masuk Level 3, dalam Sehari Aksi Demontrasi Digelar 2 kali

Kepala Desa (Kades) Bunder Kecamatan Pademawu Pamekasan, Iswan Yanti mengaku senang dan bangsa dengan adanya bumdes Mutiara Saghara.

Diakuinya, keberadaan Bumdes sangat membantu terhadap pembangunan desa dengan penyerapan tenaga kerja.

“Terima kasih kepada UNIBA yang telah mendampingi Bumdes dalam program desa berinovasi dan semoga BUMDES desa Bunder bisa terus maju,” pungkasnya.

  • Bagikan