TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mahasiswa UTM Lakukan KKN Tematik di Desa Pasanggar Pamekasan

  • Bagikan
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan KKN di di Desa Pasanggar, Pegantenan, Pamekasan. Rabu. 18 Oktober 2023.

PAMEKASAN channel. Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melaksanakan KKN di di Desa Pasanggar, Pegantenan, Pamekasan. Rabu. 18 Oktober 2023.

Dalam melaksanakan tugasnya, para mahasiswa rutin melakukan silaturahmi ke beberapa dusun yang ada di desa tersebut. Tujuannya untuk mendata para pelaku usaha UMKM.

“Kami ingin menfasilitasi tentang produk halal bagi para pelaku UMKM yang ada di Desa Pasanggar, Kabupaten Pamekasan,” kata Fadail mahasiswa UTM selaku koordinator desa.

BACA JUGA :  Disdikbud Pamekasan Gelar Bimtek dan Pengimbasan Pendidikan Inklusi untuk Guru SD

Dikatakannya, para mahasiswa berkomitmen memberikan pendampingan serta edukasi mengenai produk halal, mendukung pelaku usaha lokal dalam memenuhi persyaratan sertifikasi halal, dan mendekatkan masyarakat kepada produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

“Kunjungan mahasiswa KKN tematik ini diarahkan untuk membantu pelaku usaha di dusun-dusun dalam memahami pentingnya sertifikasi halal dalam memasarkan produk mereka” Ujar Fadail.

BACA JUGA :  Ali Masykur Jadi Ketua Komisi 1 DPRD Pamekasan

Selama kunjungan, mahasiswa memberikan penjelasan tentang proses sertifikasi halal pada kepala dusun atau disebut juga (Pamong). Mereka juga memberikan panduan praktis tentang bagaimana mengidentifikasi produk halal dan bagaimana mengajukan permohonan sertifikasi.

“di beberapa dusun yang ada di desa Pasanggar, mayoritas atau sebagian besar sumber pendapatan atau perekonomian di desa tersebut yaitu hasil pertanian sepeti tembakau, padi, dan jagung” lanjutnya.

BACA JUGA :  Guru Agama di Pamekasan Dapat Pembinaan khusus Baca Kitab Kuning

Selain memberikan bimbingan, para mahasiswa juga akan mengorganisir sesi diskusi dan pertemuan sosialisasi dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesadaran mengenai produk halal.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks
  • Bagikan